Tanalum Culture Festival

Tanalum Culture Festival

tegarroli.com – Guna meningkatkan kunjungan wisata, Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Desa Tanalum Kecamatan Rembang menggelar Tanalum Culture Festival. Kegiatan dilaksanakan selama 2 hari, sejak Sabtu (3/8) sampai Minggu (4/8) bertempat di objek wisata Curug Karang.
Kegiatan yang bertemakan cerdas berkarya luhur berbudaya akan diisi beberapa kegiatan seperti pentas musik tradisional antara lain tari nggoser, tandak lesung dan kentongan. Kemudian ada perlombaan menyusun keseimbangan batu, pameran produk UKM, pameran kopi lokal serta festival jajanan pasar.
Kebid Pariwisata pada Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata Purbalingga, Kustinah mengatakan kegiatan ini merupakan salah satu upaya untuk memperkenalkan dan mempromosikan negeri seribu curug kepada masyarakat dan wisatawan. Dengan banyaknya wisatawan yang datang berkunjung diharapkan dapat meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar.
” Tanalum Culture Festival gratis bagi masyarakat,” kata Kustinah disela-sela pembukaan festival, Sabtu (3/8).
Kustinah menambahkan Desa Tanalum selain terkenal dengan pesona curugnya, desa ini juga pernah mendapatkan penghargaan sebagai penampil terbaik kedua pada ajang pagelaran festival desa wisata tingkat provinsi jawa tengah tahun 2019. Untuk meningkatkan kunjungan sehingga diperlukan inovasi dan terobosan dalam meningkatkan data tarik wisata.
” Hal-hal yang unik dan menarik serta tidak ada di objek wisata yang lain, yang perlu kita dorong agar para wisatawan bisa menikmatinya,” katanya.
Sedangkan Camat Rembang, Revon Haprindiat mengatakan sangat mengapresiasi kegiatan yang dilakukan oleh Pokdarwis Desa Tanalum. Tanalum Culture Festival diharapkan dapat menggaungkan nama Desa Tanalum buka di tingkat lokal saja namun bisa menasional bahkan mendunia.
” Saya berharap kunjungan wisatawan semakin bertambah bukan hanya turis lokal namun bisa menggaet turis luar nasional,” katanya
Revon juga berpesan kepada semua anggota Pokdarwis agar selalu menanamkan tagline sapta pesona. Yakni Aman, tertib, bersih, sejuk, indah, ramah- tamah, dan kenangan.(PI-2)

1,579 kali dilihat, 3 kali dilihat hari ini

Share/Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *