Ini Tim PKK Inovatif

Ini Tim PKK Inovatif

tegarroli.com – Ketua Tim Penggerak (TP) PKK Kabupaten melantik Ketua TP PKK Kecamatan di Graha Srikandi, Jumat (9/8). Ketua TP PKK Kecamatan terlantik diminta untuk  menggali ide-ide baru yang inovatif dan kreatif untuk dijadikan program atau kegiatan unggulan di wilayah masing-masing.

“Untuk itu ibu Ketua TP PKK Kecamatan yang baru bisa membagi tugas dan memberdayakan anggotanya,” kata Ketua TP PKK Kabupaten Purbalingga, Ny. Indri Annas Sumarjo (Ny. Annas) dalam sambutannya pada Pelantikan dan Serah Terima Jabatan Ketua TP PKK Kecamatan Tahun 2019.

Untuk menggali ide yang inovatif dan kreatif, ia meminta agar Ketua TP PKK terlantik agar menyesuaikan dengan kebutuhan yang ada. Selain itu juga harus melihat permasalahan juga potensi yang dimiliki.

“Apabila nantinya diperlukan adanya perubahan susunan keanggotaan maka sesuai pedoman yang ada minimal harus tetap mempertahankan lima persen TP PKK yang lama agar ada kesinambungan program dan kegiatan,” jelas Ny. Annas.

Ia pun memohon kepada Ketua TP PKK Kecamatan yang baru untuk segera menyesuaikan diri di wilayahnya masing-masing. Kemudian perlu adanya evaluasi dan revitalisasi terhadap kelembagaan serta program PKK di kecamatan masing-masing.

“Sehingga ke depan bisa melaksanakan kegiatan PKK dengan lebih baik dan bermanfaat,” imbuhnya.

Pada momentum pelantikan tersebut, Ny. Anas kembali mengingatkan tugas pokok, peran dan tanggung jawab Ketua TP PKK Kecamatan. Pertama, melakujan fungsi pimpinan dan pengendalian seluruh gerakan PKK di wilayah.

“Kedua, memberikan arah kebijakan umum yang menjadi program kerja PKK Kecamatan secara keseluruhan,” lanjutnya.

Selanjutnya mengkordinasikan kebijakan program dan kegiatan dalam upaya pemberdayaan dan kesejahteraan keluarga. Kemudian melakukan fungsi kewenangan dalam memutuskan dan menetapkan berbagai kebijakan berkaitan dengan gerakan PKK di wilayahnya.

“Mencermati uraian tugas, peran dan tanggung jawab ketua tersebut memang bukan hal yang ringan akan tetapi hendaknya tidak menjadi beban dengan kapasitas dan pengalaman yang dimiliki,” terang Ny. Annas.

Ketua TP PKK Kecamatan jufa harus bisa membangun jaringan kerjasama dengan berbagai pihak. Tidak hanya dengan Camat selaku Ketua Pembina TP PKK Kecamatan tetapi juga dengan berbagai pihak terkait seperti Puskesmas, PPL dan sebagainya.

“Saya berharap dengan adanya Ketua TP PKK Kecamatan yang baru akan membawa angin segar dan suasana baru sehingga akan meningkatkan semangat dan motivasi TP PKK Kecamatan dalam melaksanakan tugasnya sebagai mitra kerja pemerintah,” harapnya.

Ny. Annas juga menyampaikan terima kasih kepada Ketua TP PKK Kecamatan yang sudah tidak menjabat atsa darma bakti dan pengabdiannya dalam kegiatan PKK. Ia meyakini sudah banyak yang dilakukan untuk memajukan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat di wilayah.

“Saya percaya ibu-ibu akan tetap berkiprah di kegiatan PKK meskipun pada tingkatan dan wilayah yang berbeda, akan tetapi pada prinsipnya sumbangan pemikiran masih dibutuhkan demi kemajuan Purbalingga,” pungkas Ny. Annas. (PI-7)

1,613 kali dilihat, 5 kali dilihat hari ini

Share/Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *