10 Karakteristik dan Ciri Pribadi yang Termanajemeni

10 Karakteristik dan Ciri Pribadi yang Termanajemeni

Pepatah mengatakan, lima jam orang yang tidak termanajemen, itu sama dengan lima menit orang yang ter manajemen dengan baik. Itulah kenapa kita harus belajar untuk memanajemen diri.

Dulu kita sempat berfikir, bahwa semua permasalahan yang muncul itu karena sistem pemerintah atau kapitalis yang memiliki modal, kita sering mencari kambing hitam, bahkan sampai Gajah Hitam pun ikut dipersoakan.

Akan tapi nyatanya musuh terbesar hari ini adalah melawan diri sendiri. Ya melawan kemalasan diri sendiri, melawan keinginan pribadi yang tak penting, dan sering kali melakukan sabotase diri.

Dari situ mari kita belajar bagaimana karakteristik dan ciri orang yang memiliki pribadi yang termanajemeni. Dengan mengutip bukunya Muhammad Abdul Jawwad yang berjudul “Menjadi Manajer Sukses” berikut saya paparkan beberapa poin penting yang perlu kita catat, diantaranya yaitu :

  1. Setiap hari menggunakan sebagian waktunya untuk berpikir tentang pekerjaannya, untuk kemudian membuat rancangannya itu. Hal itu dilakukan pada saat-saat tenang, bukan pada jam –jam penuh pekerjaan. Seperti misalnya, setelah maghrib, atau diwaktu sepertiga malam.
  2. Menentukan target-target yang ingin dicapai sekaligus dead line
  3. Menyiapkan jadwal kegiatan harian, menyusun pekerjaan sesuai dengan urutan prioritas, memberikan prioritas untuk pekerjaan-pekerjaan penting, dan menyesuaikan jadwal kerja harian pada waktu yang telah ditentukan.
  4. Membuat jadwal yang dilengkapi dengan waktu untuk hal yang tidak terduga sehingga dia dapat bersikap elastis ketika ada kepentingan mendadak atau kejadian yang tak terduga.
  5. Menyelesaikan tugas-tugas sulit dan mengganggu tanpa menunda.
  6. Tidak memeras tenaga berlebihan dan tanggung jawab pada dirinya jelas.
  7. Memiliki keteraturan dalam manajemen, harta, rumah, dan dokumen-dokumennya.
  8. Membangun pribadi yang cepat, tanggap, tenang, sabra, berperilaku baik, berotak encer, berpandangan jelas, memiliki langkah yang mantap, serta berkepribadian mantap dan percaya diri.
  9. Dapat memberikan banyak jawaban, pekerjaan dan keputusan dalam waktu singkat namun tetap bekerja dengan pedoman keteraturan: teliti, mudah dan cepat.
  10. Selalu bergerak sesuai dengan jadwal kerja dan tidak membiarkan keadaan mengatur dirinya.

Begitulah kira-kira sebagian kecil yang dapat saya paparkan dalam karakteristik dan ciri pribadi yang termanajemeni. Tantangan berat memang, jika kita melakukan itu semua, akan tetapi ayolah, buka lembaran-lembaran baru kehidupan, selagi masih muda kenapa tidak. Perbaharuilah harapan kita, niat kita, keinginan dan cita-cita kita, perkuatlah semangat, Majulah.!! Kia semua berhak untuk mendapatkan apa yang kita inginkan. Wasalam…

9,935 kali dilihat, 4 kali dilihat hari ini

Share/Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *