Informasi Merupakan Kebutuhan Pokok

Informasi Merupakan Kebutuhan Pokok

Dewasa ini informasi merupakan kebutuhan pokok masyarakat, seiring dengan kemajuan teknologi dan komunikasi. Bahkan menurut Ziauddin Sardar, informasi bukan hanya kebutuhan, melainkan juga dapat menjadi sumber kekuasaan. Maka benar kiranya apa yang dikatakan oleh John Naisbitt, seorang futurolog, bahwa kekuatan baru dewasa ini bukanlah harta karun ditangan segelintir manusia, tetapi jaringan informasi ditangan banyak manusia.

Mengingat begitu pentingnya informasi, peranan wartawan, kolomnis, sastrawan, dan lainnya yang bergerak dalam bidang kepenulisan sangatlah penting. Merekalah yang menyugukan informasi kepada khalayak. Baik berdasar fakta atau kejadian dilapangan (wartawan) atau pandangan subjektif-kritis dari seorang penulis mengenai suatu realita yang ada (opini, kolomnis).

Oleh karenanya, kemampuan menulis mutlak harus dikuasi dewasa ini. Terlebih buat mahasiswa yang menyandang julukan agen perubahan. Dengan memilki kemampuan menulis, seseorang (mahasiswa) tidak hanya mendapat penghasilan (honor), tetapi juga bisa menyumbangkan pemikirannya (opini) untuk solusi masalah yang sangat kompleks di masyarakat.

Sebuah tulisan, yang berisi kata-kata memang luar biasa. Bukankah sejarah juga mencatat, bahwa berkat tulisan peradaban sebuah bangsa bisa berubah. Maka benarlah apa yang dikatakan oleh M. Fauzil Adhim, seperti yang dikutip oleh Bramma Aji, bahwa dalam setiap untaian kata terdapat sihir. Sebuah sihir yang mampu mengobati sakit fisik dan psikis sekaligus penggugah semangat. Semangat untuk melakukan perubahan yang lebih baik. Menulis untuk perubahan.

2,842 kali dilihat, 1 kali dilihat hari ini

Share/Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *