Jurnalisme bukanlah obat, tetapi dia dapat menyembuhkan

Jurnalisme bukanlah obat, tetapi dia dapat menyembuhkan

Jurnalisme bukanlah obat, tetapi dia dapat menyembuhkan. Jurnalisme bukanlah hukum, tetapi dia dapat membawa keadilan. Jurnalisem bukanlah militer, tetapi dia dapat membantu menjaga kita aman.

Itulah apa yang diajarkan sejarah kepada kita. Ia juga mengatakan bahwa jurnalisme adalah alat yang paling pentingyang kita miliki untuk menjaga agar pemerintah jujur, menjaga agar masyarakat mendapat informasi, dan menjaga agar demokrasi tetap utuh. Inti menulis berita adalah suatu pekerjaan mulia.

Wartawan memang mempunyai ujuan mulia. Paus Johanes Paulus II berkata :”Dengan pengaruh yang luas dan langsung terhadap opini masyarakat, jurnalisme tidak bisa dipandu hanya oleh kekuatan ekonomi, keuntungan dan kepentingan khusus. Jrnalisme haruslah diserapi sebagai tugas suci, dijalankan dengan kesadaran bahwa sarana komunikasi yang sangat kuat telah dipercayakan kepada Anda demi kebaikan orang banyak.

Senang rasanya bagi seorang wartawan bila bisa menolong orang yang sedang menghadapi kseulitan dengan menyampaikan berita dan gagasan tentang dunia sekitar mereka. Dan memang inilah yang dibutuhkan masyarakat. Untuk meningkatkan kredibilitas, wartawan dianjurkan untuk menghargai khalayaknya dengan menyajikan apa yang diharapkan mereka sebagai berita. Menjadikan prioritas utama untuk tidak menyakiti.

Jurnalisme menyentuh hampir setiap kehidupan manusia.

Maka prilaku dan standar moral dalam jurnalisem layak mendapat perhatian yang sama seperti yang berlaku pada hakim, dokter, pebisnis, dan sebagainya. Kebebasan pers adalah sebuah hak, yang seperti semua maslah yang terkait moral, tanpa kecuali juga dibatasi oleh hak-hak lain, di mana pada suatu saat atau titik, mereka akan bersaing.

Pers mempunyai hak untuk mengekspresikan pendapat dan penilaiannya tentang seseorang, tetapi bila pers melanggar hak moral seseorang  untuk tidak difitnah, maka orang tersebut berhakuntuk mengesampingkan hak kebebasan berekspresi dari pers tersebut.

Purwokerto, Senin (1/7/2019) 16.06

9,638 kali dilihat, 2 kali dilihat hari ini

Share/Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *