Asiknya Aksi Sapta Pesona

Asiknya Aksi Sapta Pesona

Sejumlah Pelaku Wisata dan Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Kabupaten Purbalingga  mengikuti kegiatan Aski Sapta Pesona. Aksi Sapta  Pesona tersebut digelar selama dua hari  di  Taman Wisata Pendidikan Purbasari Pancuran Mas, Rabu (10/7) dan Goa Lawa Purbalingga, Kamis (11/7).

 “Ini merupakan program dari Dinporapar Provinsi Jawa Tengah. Pesertanya dari Pokdarwis dan pelaku wisata, dari  juru parkir, petugas kebersihan hingga pedangang,” Kata Kepala Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata Kabupaten Purbalingga, Yanuar Abidin.

Yanuar berharap melalui kegiatan Aksi Sapta Pesona dapat menjadi movitasi bagi pokdarwis  & pelaku wisata untuk benar-benar menerapkan sapta pesona di setiap destinasi wisata yang ada di Purbalingga. “Sapta Pesona sebagai dasar pariwisata, jika penerapannya baik tentunya pelaksanaan wisatanya juga baik. Berdampak pada meningkatnya kunjungan wisatawan,” tambahnya.

Tafif selaku perwakilan Dinporapar Provinsi Jawa Tengah Bidang Pengembangan Destinasi Pariwista menjelaskan 7 arti dari sapta pesona. Pertama, Aman artinya suatu tempat wisata harus aman, terlindungi dan bebas dari tindak kejahatan & tejamin keselamatan jiwa & fisik.Terib, misalnya Tertib lalu lintas, pelayanan dilakukan secara baik dan tepat dan Informasi yang benar /tidak membingungkan. Bersih, wisatawan akan merasa nyaman jika tempat wisata bersih.

“Tempat wisata harus bersih dan yang perlu lebih diperhatikan yaitu tempat sampah dan toilet, toilet yang bersih dapat menggambarkan kondisi wisata secara keseluruhan,” katanya.

Selajutnya, sejuk contohnya turut serta aktif memelihara kelestarian lingkungan. Indah, dapat dilihat dari berbagai segi, seperti dari segi tatawarna, tataletak, tataruang bentuk dan gerak yang serasi dan selaras, sehingga member kesan yang enak dan cantik untuk dilihat. Ramah tamah, merupakan satu daya tarik bagi wisatawan.

“Terakhir Kenangan, Kenangan dapat berasal dari akomodasi yang nyaman, bersih, pelayanan yang cepat. Selain itu Atraksi seni budaya, makanan & minuman khas  sampai cindera mata dari tempat wisata tersebut,” pungkas Tafif.

Aksi Sapta Pesona digelar di 8 Kabupaten/Kota secara bergiliran yaitu mulai dari Kabupaten  Semarang, Purbalingga,  Kebumen, Magelang, Banjarnegara, Boyolali, Kota Semarang, Wonogiri. (PI-6)

578 kali dilihat, 6 kali dilihat hari ini

Share/Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *