Petani Melek Teknologi

Petani Melek Teknologi

Tegarroli.com – Petani di Kabupaten Purbalingga harus mulai memanfaatkan perkembangan teknologi yang semakin pusat. Hal tersebut disampaikan Wijayanto, Kasubdit Pengembangan Ekonomi Digital Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) RI saat acara pelatihan aplikasi “petani go-online” para penyuluh pertanian se-Kabupaten Purbalingga, Rabu (10/7) di Graha Adiguna komplek Pendapa Dipokusumo Purbalingga.

Wijayanto mengatakan, banyak petani di Indonesia yang kurang paham teknologi bisa dimanfaatkan untuk kemajuan pertania. Menurutnya, paradigma petani sampai dengan saat ini beranggapan teknologi tidak bia digunakan memajukan pertanian khususnya tentang produksi dan bagaimana cara memasarkannya hingga fluktuasi harga.

“Petani masih ada yang kurang paham kalau teknologi khususnya perkembangan aplikasi dalam gadget bisa digunakan untuk memantau apapun termasuk fluktuasi harga produk pertanian,” katanya.

Wijayanto menambahkan, penyuluh pertanian di Kabupaten Purbalingga harus bisa membuka pola pikir para petani tentang pemanfaatan teknologi pada aktivitas pertanian. Petani harus melek teknologi yang di dalamnya bisa digunakan untuk memantau isu yang dihadapi pada saat ini sehingga petani akan cepat beradaptasi dengan dinamika yang ada.

“Petani bisa memantau harga cabai, gabah bahkan pupuk dengan sendiri. Dengan begitu mereka bisa mengira-ira biaya yang akan dikeluarkan dengan profit yang akan diterima karena masalah cuaca yang berubah dan berbeda di masing-masing daerah juga menjadi masalah tersendiri bagi petani,” imbuhnya.

Kemenkominfo berkomitmen memajukan kualitas hidup petani dan nelayan di seluruh Indonesia dengan teknologi. Wijayanto mengaku, Kemenkominfo sampai saat ini telah melayani satu juta petani dan nelayan untuk go-digital yang membantu alur kerja mereka. Besok, giliran petani yang ada di Kabupaten Purbalingga yang akan mendapat pelatihan serupa di Pendopo Dipokusumo Purbalingga.

“Kemenkominfo saat ini telah membantu satu juta petani dan nelayan dalam alur kerja mereka menggunakan teknologi dan hasil yang mereka peroleh sangat signifikan,” pungkasnya. (KP-4).

 

517 kali dilihat, 2 kali dilihat hari ini

Share/Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *