Cetak Reporter Cilik di MIM Kalikabong Purbalingga

Cetak Reporter Cilik di MIM Kalikabong Purbalingga

Rabu Pagi (14/6/2017), ratusan pelajar kelas satu hingga 6 MI Muhammadiyah Kalikabong, Purbalingga mengikuti pendidikan dan latihan reporter cilik dalam Pesantren Ramadhan oleh Tim News SATELIT TV.

Banyak pengalaman baru yang dipelajari selama tiga hari sejak tanggal 12 sampai 14 juni 2017.

Kegiatan yang diselenggarakan di Serambi Masjid depan Gedung Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Kalikabong Purbalingga, ini menyampaikan materi tentang Pengenalan Literasi Jurnalistik. Acara diikuti sekitar200 peserta, terdiri dari kelas satu hingga kelas enam MI Muhammadiyah Kalikbong Purbalingga.

Wakil Kepala Sekolah Muhammad Irfan yang mendampingi acara tersebut menyambut baik kegiatan mengisi acara Ramadhan tersebut. “Kegiatan pesantren ini adalah salah satu untuk membentuk karakter siswa siswi MI Muhammadiyah Kalikabong, terutama siswa siswi untuk tampil berani dan tampil beda di depan umum. Sehingga lebih berani saat terjun di masyarakat,” katanya.

Dijelaskan Pesantren Ramadhan dilaksanakan selama tiga hari. Hari pertama diadakan bercerita untuk anak-anak dari pendongeng dari luar sekolah. Di hari kedua siswa diajak nyantri bareng Polisi dengan tagline “Polisi bersama santri”. Sementara di hari ke tiga, berhubungan dengan literasi.

“Anak-anak diharapkan bisa menumbuhkan minat baca dan tulis menulis,” tandasnya.

Pemateri pelatihan jurnalistik dari jurnalis televisi. Selain materi teori, pelatihan juga diisi praktik pengambilan gambar, proses reportase, serta stand up on camera.

Para peserta diajak belajar reportase dan membawakan berita. Mula-mula dijelaskan apa pengaruh positif dan negatif menonton Televisi. lalu praktik reportase dengan tema bebas. Ternyata menjadi reporter itu mudah dan mengasyikan.

“Nah, jadi reporter itu mudah dan menyenangkan bukan?” ucap Kak Tegar, Reporter SATELIT TELEVISI NUSANTARA.

Dengan media mic dan kamera, para siswa tersebut tampak antusias untuk mencoba menjadi seorang reporter.

Salah satu peserta, Razyid mengaku senang bisa mencoba menjadi reporter. Dan ingin bercita-cita ingin jadi Reporter.

Sumber:
http://pwmjateng.com/pesantren-jurnalistik-ramadan-cetak-reporter-cilik-di-mim-kalikabong-purbalingga/

1,165 kali dilihat, 5 kali dilihat hari ini

Share/Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *