Lima Tips Aplikasi Untuk Rapat Daring

Lima Tips Aplikasi Untuk Rapat Daring

Guna memutus rantai penyebaran Covid 19 beberapa negara menerapkan kebijakan ‘lockdown’. Jutaan orang memilih untuk mengisolasi diri dan mengalihkan interaksi sosial mereka pada platform digital.

Aplikasi video chat menjadi primadona dalam situasi krisis seperti ini.

Bagi anda yang bingung memilih aplikasi yang tepat, berikut 5 kilasan mengenai beberapa aplikasi penunjang rapat daring diambil dari berbagai sumber:

Skype

Skype adalah solusi komunikasi jarak jauh yang layak dicoba untuk tim kecil. Aplikasi keluaran Microsoft ini mendukung panggilan video hingga 25 slot pengguna, dengam seluruh fasilitas yang gratis untuk semua pengguna.

Zoom Cloud Meeting

Zoom Cloud Meeting adalah opsi lain yang performanya cukup mumpuni. Zoom Cloud Meeting dapat menampung partisipan hingga 100 pengguna dalam single meeting. Aplikasi ini juga dilengkapi dengan audio-only, video, dan text chatting. Namun versi gratis dari aplikasi ini hanya dapat digunakan selama 30 menit saja.

Cisco Webex Meetings

Cisco Webex Meetings juga merupakan salah satu aplikasi yang cukup banyak dirujuk belakangan ini terutama oleh kalangan pebisnis. Aplikasi ini mempunyai sejumlah fitur menarik, termasuk slot-slot meeting yang dapat diatur dalam sekali tapping, layout video yang dapat disesuaikan, serta pengguna juga dapat mengatur penjadwalan rapat melalui aplikasi ini.

Slack

Slack adalah aplikasi yang memiliki fitur komunikasi visual yang lengkap dan sangat menarik. Aplikasi ini memiliki cara kerja yang cukup mudah, mirip seperti WhatsApp, karena pada dasarnya memiliki fungsi untuk mempermudah komunikasi dengan pengguna lain melalui pesan instan, tetapi juga dapat digunakan untuk melakukan panggilan video berkelompok.

Slack juga memiliki fitur Chat Group yang dilengkapi fitur pendukung percakapan lainnya. Melalui aplikasi ini pengguna dapat melakukan kerja-kerja pengarsipan serta dapat berbagi file/gambar/audio lebih lebih terorganisir. Slack juga telah terintegrasi dengan layanan penyimpanan cloud seperti Google Drive dan Dropbox.

Microsoft Teams

Merespon pemintaan terkait dengan  kebutuhan aplikasi bisnis yang lebih ‘advance’ dari Skype, Microsoft mulai mempromosikan penggunaan Microsoft Teams untuk menjebatani berbagai agenda rapat  dan pertemuan kerja.

Microsoft Teams adalah aplikasi yang ditujukan untuk aktivitas pekerjaan kolaborasi digital. Sebagai wadah kerja kolaboratif, fitur perpesanan merupakan fitur utama yang ditawarkan oleh Microsoft Teams. Fitur ini juga telah terintegrasi dengan ragam perangkat lainnya. Sehingga pengguna dapat mengoptimalkan aneka ragam fitur pesan berbasis teks, audio, hingga audio visual via video call.

Untuk kebutuhan rapat, Microsoft Teams juga dapat mengorganisir single meeting tampilan slot yang cukup representatif sehingga membuat conference call makin gampang dan nyaman.

22,280 kali dilihat, 145 kali dilihat hari ini

Share/Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *